Monday, January 14, 2013

Halloween


 Kata 'hari halloween / halloween day' tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita. hari tersebut adalah sebuah tradisi barat yang dirayakan setiap tanggal 31 Oktober, dimana anak-anak memakai kostum seram, dan berkeliling dari rumah ke rumah sambil berkata "trick or treat!" yang berarti beri kami permen atau kami jahili.

Ilustrasi Stingy Jack
(sang petani)
Tradisi ini diawali karena adanya cerita mengenai seorang petani licik dan malas yang berhasil menipu Iblis dari Irlandia. Katanya, petani ini pernah membuat iblis naik ke atas pohon, lalu petani tersebut mengukir salib pada pohon tersebut, hingga membuat iblis itu kesulitan untuk turun.

nah, pada saat kematian sang petani tiba, sang iblis pun datang menjemputnya, ketika ia sedang bersantai sambil minum bir di sebuah bar. Petani tersebut pun berkata dengan malas, bahwa ia belum ingin mati. lalu ia menantang sang iblis tersebut bermain kartu, suatu permainan yang tak mungkin ditolak iblis, dengan perjanjian jika petani menang, maka ia dapat hidup satu tahun lagi. Tak lama kemudian permainan tersebut pun selesai, dan petani tersebut menang. si iblis pun pergi dan berjanji akan kembali satu tahun lagi.

Satu tahun pun berlalu, sang iblis kembali untuk menjemput si petani. Si petani pun menjawab dengan malas sambil menenggak bir nya, bahwa ia masih ingin hidup satu tahun lagi. si petani tersebut pun menantang iblis tersebut untuk bermain dadu. salah satu permainan yang tak dapat ditolak oleh iblis. Tak lama kemudian permainan pun berakhir, si petani kalah.

Jack o' lantern
Iblis pun mencabut nyawanya. tetapi, pada dunia sana, ia ditolak untuk masuk surga karena ia telah banyak berbohong, dan ia ditolak masuk neraka karena ia telah sering membuat iblis kesal. pada akhirnya, iblis membiarkan petani tersebut hidup di dunia, untuk mencari teman yang sering berbohong sama seperti nya. si iblis pun memberikan petani tersebut sebuah turnip yang diisi bara api dari neraka untuk menerangi jalannya.

Dan begitulah ceritanya, hehehe, tapi karena turnip sulit didapat di amerika, maka turnip pun diganti dengan labu. Labu dihias, dibentuk menyerupai wajah makhluk, dan diisi dalamnya dengan lilin. benda inilah yang akhirnya disebut 'jack o' lantern'. Dari sinilah, 'jack o lantern' pun terkenal ke seluruh penjuru dunia.

No comments:

Post a Comment