Saturday, November 3, 2012

Zombi. . .

Yah, sekali-sekali lah, nge-post pake bahasa indonesia... hahaha...

Post kali ini, tentang membahas zombi. :D
Nah, tadi kn, ane habis nonton film di Nat Geo channel (national geographic channel) tentang fakta di balik zombi. yah, karena ngomongnya cepet banget, jadi cuma bisa ngerti sebagian besar aja...




Zombi, adalah sosok fiksi tentang mayat hidup yang banyak dikenal melalui film-film. Namun, bagi orang Haiti, zombi merupakan sosok yang nyata, karena dalam budaya mereka, yakni, voodo, mereka dapat menciptakan zombi atau menghidupkan orang yang telah mati.

Di Haiti sendiri ada kepercayaan bahwa zombie merupakan orang mati yang dihidupkan kembali dan kadang dikendalikan dengan maksud-maksud tertentu oleh ahli voodoo. Seorang ahli voodoo disebut sebagai bokor atau houngan dalam bahasa setempat.

Kadang kala proses mengubah seseorang menjadi zombie dilakukan dengan niat memberikan hukuman. Pasalnya hal tersebut bisa memicu ketakutan pada mereka yang percaya dirinya tetap bisa diperbudak bahkan setelah mati. Sementara itu, seringkali dikatakan bahwa zombie digunakan sebagai budak pekerja di peternakan dan perkebunan tebu.

Pada 1980-an, pernah terjadi seorang yang mentalnya kurang sehat mengklaim telah disandera dan dijadikan zombie selama dua dekade. Walaupun begitu, pria ini tidak sanggup menunjukkan lokasi kerjanya kepada para penyidik. Cerita ini pun akhirnya tidak pernah diverifikasi.

Asumsi bahwa zombie merupakan monster dari film fiksi dipertanyakan pada 1980 ketika seorang ilmuwan bernama Wade Davis mengklaim telah menemukan bubuk yang bisa menciptakan zombie. Hal ini sekaligus menjadi landasan ilmiah tentang misteri zombie.



zombie yang ada di film, bener seperti itu atau tidak?




tentu saja tidak.

Kalau di film-film gitu kan, biasanya kalau orang terinfeksi zombi gitu, pas gigit manusia, manusia yang digigit langsung jadi zombi. Ahli mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin. Karena perkembangan virus tak ada yang secepat itu. paling cepat, 1 - 3 hari.

Di Amerika pernah terjadi, seseorang yang disangka telah meninggal dan telah dikuburkan, beberapa bulan kemudian ditemukan hidup dan sehat walafiat. keluarga nya lalu memanggil psikiater untuk membuktikan orang tersebut benar orang yang meninggal waktu itu atau bukan. Psikiater tersebut menanyakan seperangkat pertanyaan pada orang tersebut, dan setelah selesai, psikiater tersebut keluar dengan jawaban yang mengagetkan.

Psikiater tersebut mengatakan bahwa orang tersebut terbukti benar orang yang meninggal waktu itu. tetapi memang sulit dipercaya, orang yang telah meninggal, bisa hidup kembali. apakah mungkin dokter yang salah memeriksa? jawabannya adalah tidak.

Dalam ilmu voodoo, ada sebuah racun yang dibuat dari mayat manusia dan ikan buntal yang paling beracun didunia. jika racun itu diminum, akan memberikan dampak mati rasa total pada peminumnya, tetapi tetap sadar hingga menjelang kematian. setelah orang itu meninggal, lalu ia dihidupkan kembali oleh seorang yang disebut bokor.



Memang itu semua sulit dipercaya, tapi yah, apa yang dijelaskan tadi mungkin benar, mungkin juga salah.

Kesimpulannya, zombi yang kalian lihat di film, bukan zombi yang asli...

No comments:

Post a Comment