Tuesday, November 6, 2012

Supernova dan Nebula

Apa itu Supernova? Apa itu Nebula???
Kebetulan sekali di post kali ini akan membahas tentang apa itu Supernova dan nebula. hehehe. ane lagi ga ada kerjaan soalnya. daripada buang-buang waktu, jadi ya, langsung saja.



Apa itu Supernova?


Supernova
Supernova terjadi ketika sebuah bintang runtuh karena mulai terbakar habis, kemudian tiba-tiba meledak, menghasilkan energi cahaya yang besar, dan sisanya adalah inti neutron yang kecil, yang merupakan substansi paling berat di alam semesta.

Kadang-kadang sebuah bintang muncul dilangit secara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena ada sepasang bintang yang saling mengelilingi. Pasangan ini disebut biner, dan biasanya salah satunya berukuran besar disebut bintang merah raksasa, mengorbit dengan sebuah bintang yang kecil, lebih panas. Nova (ledakan bintang) terjadi ketika gas dari merah raksasa tertarik ke arah bintang yang lebih kecil, ketika panas menyebabkan ledakan dahsyat dan memancarkan cahaya dalam jumlah yang besar.



Apa itu Nebula?


Nebula
Nebula adalah awan dari gas panas berwarna putih dan material padat berukuran amat besar yang berputar di ruang antarbintang, menjadi semakin kecil dan semakin panas sepanjang waktu. Ketika awan gas menjadi lebih kecil, awan ini melemparkan cincin gas. Masing-masing cincin ini mengalami kondensasi untuk menjadi bintang.

Berdasarkan pada tampilannya, Nebula dapat dibagi menjadi dua kelas berbeda : Nebula gelap dan nebula terang.
Nebula Gelap terlihat sebagai noktah hitam dengan bentuk tidak teratur di langit dan menghalangi cahaya dari bintang yang terletak dibelakangnya.
Nebula terang terlihat seperti permukaan yang bercahaya redup; nebula ini mungkin memancarkan cahayanya sendiri atau memantulkan cahaya dari bintang yang ada di dekatnya.



Yak, sekian dulu post hari ini, maaf atas penjelasan yang singkat, semoga dapat dimengerti. ehehehe...

No comments:

Post a Comment